Wednesday, July 9, 2014

How to get to Japan?

Ok, here i am, starting to write again :). In this post, i'm gonna tell you how to get to Japan, apa yang harus dipersiapkan, butuh budget berapa? dan some of the cool places in Japan later on. So, grab your pen and start writing it down!

Passport



Ini hal yang paling mendasar, ask yourself in the mirror, do i have a passport? :P well, do you? If you don't, segeralah buat passport, it doesn't matter nantinya mau dipakai atau gak, yang jelas buat dulu aja. Karena saat ini semakin banyak maskapai penerbangan yang menawarkan tiket murah, bahkan tiket ke luar negeri sekarang bisa lebih murah dari tiket domestik hmmm. Jadi semakin banyak alasan untuk bikin passport. :)

Price :
Regular Passport 48 Pages: IDR 300.000
e-Passport 48 Pages : IDR 600.000


Tiket Pesawat






Kalo passport udah siap, nah saatnya berburu tiket pesawat. Banyak tuh maskapai penerbangan yang menawarkan tiket murah. Sebenernya sih gak usah jauh-jauh hari banget sampe setaun gitu bookingnya. Memang kalau beli setahun sebelumnya, tiket akan jauh lebih murah, selain itu kita juga jadi punya banyak waktu untuk nabung :). Tapi, sebenernya beli tiket 8 minggu sebelumnya, kita juga bisa dapat tiket murah kok, bahkan bisa lebih murah dari orang-orang yang beli tiket setahun sebelumnya? coba deh :). Pasti, pada gak percaya, "you know what, this writer is so full of smith, gak mungkin bisa ke Jepang dapet 3 juta doang PP". To prove that what i'm saying is true, and not full of it, like some books you've probably read before, here's a simulation yang gw buat, gw booking pakai rumus H-8 Weeks....and voila.......




Nah, kalo udah pasti nih mau tanggal berapa berangkat ke Jepang dan tiket sudah ditangan, siap-siap nabung heheh, karena every rupiah you spend here in Indonesia, akan sangat-sangat berarti di Jepang nanti. Kenapa? i'll tell you later :D

Price :
Range from IDR 1.700.000 - 6.000.000
Tergantung dari kapan bookingnya dan airlinesnya, kalau mau pakai budget airlines, paling mahal kena di 6 jutaan, itu udah paling mahal. Kalau beruntung, bisa dapat tiket PP dibawah 2 juta :)


Visa




Maksimal sebulan sebelum berangkat, you have to visit Embassy of Japan in Indonesia yang berlokasi di 

JL. M.H. Thamrin 24, Central Jakarta 10350, Central Jakarta City, Jakarta 10350(021) 31924308

Untuk membuat Visa cukup gampang dan cepet, hanya butuh waktu 3 hari untuk proses Visa ke Jepang. Syarat untuk apply Visa ke jepang juga cukup mudah kok, selengkapnya bisa dilihat disini


Oh iya sebagai tips aja, untuk pengurusan Visa, diharuskan melampirkan itinerary kita selama di Jepang. Nah, sebaiknya sih tulis itinerary sesimple mungkin dan disesuaikan dengan budget kita (nominal tabungan yang juga dilampirkan pada saat permohonan Visa), meskipun nantinya itinerary yang disubmit berbeda dengan kenyataan pada saat di Jepang heheheh :) hal ini untuk memudahkan memperoleh Visa.

Beberapa orang langsung booking hotel dulu setelah mereka dapat tiket pesawat. Tapi , kalo gw sih, memang urus Visa dulu baru booking hotel dan beli tiket JR, meskipun untuk membuat Visa mudah tapi i don't really like taking risk, just in case ada masalah pada saat apply Visa dan batal ke Jepang *knock on wood* hehehe we don't want that to happen, don't we? 

Price :
IDR 300.000

Nah, tiket udah ditangan, Visa udah ditangan, what's next?

Booking Hotel, Yeay!





This is my favourite part. Yes, looking for hotels! untuk hotel sih gw gak terlalu muluk-muluk harus yang berbintang atau di pusat keramian atau di tempat mewah. Liat budget juga sih, everybody loves good hotels, tapi kalau budgetnya gak memungkinkan untuk check-in di hotel berbintang, ya terpaksa harus cari hotel yang murah. But you don't have to worry, banyak kok hostel-hostel murah tapi nyaman dan enak di Jepang. Ada hostel atau hotel kecil yang menawarkan dua jenis kamar, yaitu kamar dengan style Jepang atau Ryokan dengan tatami, lengkap dengan TV dan penghangat atau pendingin ruangan

Hotel in Japan with Japanese Style

Ada juga western style untuk pelancong yang lebih senang tidur di kasur :D. Kalau ini sih menurut gw dimana aja bisa. Kalau mau bener-bener kerasa feel Jepangnya ya stay at Ryokan, but hey, it's just my opinion :D


Hotel in Japan with Western Style


Ada lagi nih yang lebih "Jepang" banget, yaitu Capsule Hotels. Yes, Capsule Hotels adalah jenis hotel yang pertama kali dikembangkan di Jepang. Hotel jenis ini pertama kali populer di Osaka dengan nama Capsule Inn Osaka. Isinya? ya isinya hanya kasur dan TV, beberapa Capsule Hotel sih menyediakan TV di dalamnya. Tapi kalau untuk traveler yang punya phobia ruangan sempit atau gak bisa dalam ruangan sempit untuk waktu yang lama, gw gak rekomendasikan deh hotel jenis ini. Hotel ini lebih cocok untuk hanya transit satu atau dua malam dengan tidak membawa banyak barang, kalau bawa koper gede-gede terus mau nginep di Hotel Capsule ini, yasalam tidur sama koper :D. Sebenernya sih lucu juga kalau nginep disini, suasana baru pengalaman baru. Capsule Hotels tidak hanya ada di Osaka, sekarang sudah di hampir penjuru Jepang udah banyak Capsule Hotels, go ahead and try!





Price :
Ryokan - From IDR 500.000 - 2.000.000/Night*
Western - From IDR 600.000 - 3.000.000/Night*
Capsule - From IDR 100.00 - 300.000/Night

*tergantung dari hotel, lokasi dan fasilitasnya :)


JR Pass

Ticket, check!
Passport, check!
Visa, approved!
Hotel, check!

What's Next?




Kalau semuanya udah lengkap tinggal urusan transportasi. Yes, untuk menghemat uang pada saat melakukan perjalanan di Jepang, you have to buy a JR-Pass. Now what the hell is JR-Pass? Do i really need to buy it? oh yes, you really have to kalau mau jalan-jalan keliling Jepang. Tapi kalau cuman mau stay di satu kota sih, ya gak usah beli. JR-Pass adalah sebuah privilege bagi turis dari luar Jepang, dimana turis dapat menikmati transportasi (kereta biasa maupun bullet train alias Shinkansen...yes, the fastest train to date, Shinkansen) dengan harga murah.

Ada 3 pilihan untuk membeli JR-Pass, ada 7 hari, 14 hari dan 21 hari. Harganya pun berbeda tergantung dari kelas yang kita pilih. Ada tipe Green dan Ordinary. Bedanya, untuk Green atau Reserved Seat, kita sudah diberikan nomor kursi pada saat naik Shinkasen, jadi gak rebutan sama penumpang lain. Untuk Ordinary, tidak ada nomor kursi alias bebas mau duduk dimana aja. Tapi, tenang aja kok, kalau beli yang Ordinary, gak akan berdesak-desakan dan rebutan kursi kok. Mereka pada tertib dan teratur pada saat masuk kereta :) 


Seberapa penting sih JR-Pass ini? well, JR-Pass akan sangat-sangat menghemat uang transport. Tapi kalau lihat harga per 1 April 2014 sih, JR-Pass sudah terbilang mahal. Untuk JR Pass Ordinary 7 hari, kita harus mengeluarkan 29.110 JPY atau sekitar IDR 3.347.172. Memang cukup mahal sih hehehe bisa-bisa malah lebih mahal dari tiket pesawat ke Jepang. Pastinya! tapi memang harus tetap beli kok, karena seiring kenaikan harga disini, di Jepang juga tentunya akan naik juga. contoh deh, waktu itu perjalanan dari Osaka ke Nagasaki dengan menggunakan Shinkansen, harga tiket PP itu kurang lebih 3jutaan, kalau pake JR-Pass kan kita hanya cukup sekali bayar dan kita dapat sepuasnya pake Shinkansen, mau sehari 5 kali bulak balik Tokyo-Osaka, terserah!!! :D

But, it's all up to you, kalau misalnya mau ketengan dan gak beli JR-Pass juga bisa, anyway you like it. 

Kalau mau beli JR-Pass, dimana sih? 
Informasi mengenai JR bisa di klik disini

atau bisa langsung ke cabang JTB di Jakarta :

Jakarta2nd Floor , Kyoei Prince Building , Jl. Jend Sudirman Kav. 3-4, Jakarta 10220 , Indonesia
Tel: (62)21-572-3031
Fax: (62)21-572-3036
URL: http://www.jtbbali.com
E-mail: jtbjktcounter@indosat.net.id



Jadi, udah berapa rupiah nih yang sudah dihabiskan untuk persiapan pergi ke Jepang? Let's count the Moola :)

So you have booked an Airline Ticket, Visa, Hotel dan JR let's say :

Return Tickets
IDR  3.600.000
Visa
IDR  300.000

Hotel for 10 Nights  @IDR 500.000
IDR 5.000.000
JR Pass
IDR  3.350.000
Total
IDR 12.250.000

Jangan takut dulu liat totalnya yang membludak hehehe you can cut on hotels or the nights you're staying. Capsule Hotels could be an alternative, if you're traveling light :) atau bisa juga ajak temen atau saudara, jadi biaya hotelnya bisa di Split.

Sedikit tips nih, if you're short on budget, gw sarankan untuk membeli tiket pesawat setahun sebelumnya, agar pada saat menunggu keberangkatan, bisa nabung dulu buat beli tiket JR dan hotel :).

Well, That's it! You're ready to go! Pack your bag, leave your problems behind, because it's time for Holiday!


No comments:

Post a Comment